Senin, 04 Juli 2016

Sejarah dan Perkembangan SEO

Sejarah dan Perkembangan SEO, Mari kita cari tahu di artikel berikut ini.

Istilah SEO(Search Engine Optimization) pertama kali dikemukakan karena muncul virus spam yang telah menyusup ke Usenet. Pada waktu itu, dunia internet belum memiliki sistem search engine/mesin pencari yang canggih seperti sekarang ini, sehingga mudah dimanipulasi oleh para hacker.

Oleh karena itu, banyak para pemrogram yang berlomba-lomba untuk membuat algoritma sistem pencarian data, yang didasarkan sepenuhnya pada informasi meta tag dari kode html sebuah situs web. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web, dengan serangkaian kata kunci (keyword).


Namun, ada beberapa pemrogram yang melakukan tindakan ilegal, dengan menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga situs mesin pencari saah menempatkan peringkat pada situs tersebut. Selanjutnya menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan.

Seiring dengan berjalannya waktu, 2 orang pendiri Google yang bernama Larry Page dan Sergey Brin berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mereka membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat sebuah halaman web.


Algoritma tersebut dinamakan PageRank, mampu menjalankan fungsi matematika yang kompleks untuk menghitung jumah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan menganalisis kualitas masing-masing link tersebut.




Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu yang singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari public pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Selanjutnya PageRank menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs web-nya memperoleh nilai PageRank tertinggi pada hasil pencarian.

Nah.. itu artikel baru mengenai Sejarah dan Perkembangan SEO.. bagi anda anda mungkin hanya bisa menggunakannya saja tanpa tahu sejarahnya, oleh karena itu saya buat artikel ini dengan harapan anda anda tahu sejarah dan perkembangan SEO...

Oke anda anda.. saya admin mohon pamit, ditunggu artikel selanjutnya, jangan lupa corat coret di bagian koment yaa... tinggalkan link blog anda juga tidak masalah, nanti akan saya kunjungi... Back Visit Ok.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar